PENERAPAN METODE 3-R (READ, RECORD, RECIDE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 22 BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode 3-R (Read, Record Recide) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas II SD Negeri 22 Banda Aceh”. Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahu penerapan metode 3-R (Read, record, Recide) dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas II SDN 22 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri (SDN) 22 Banda Aceh 26 siswa dengan rincian 12 siswa dan 14 Siswi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dengan mengunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas Siswa sikulus I nilai pretes rata-rata 2,42, Dan nilai postes rata-rata 2,71. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pretes 3 (Baik), Dan nilai postes rata-rata 3,57 (Baik). Aktivitas guru sikulus I nilai pretes rata-rata 2,42, Dan nilai postes rata-rata 2,71. Sedangkan pada siklus II nilai pretes rata-rata 3 (Baik), Dan nilai postes rata-rata 3,57 (Baik). Hasil keterampilan membaca dapat dilihat bahwa rata-rata pretes siklus I berjumlah 39,46, tingkat ketuntasan berjumlah 3,84% dan Skor tertinggi 70 dan skor terendah 30. rata-rata postes siklus I berjumlah 47,73, tingkat ketuntasan berjumlah 23,07% dan Skor tertinggi 80 dan skor terendah 30. Sedangkan rata-rata nilai pretes siklus II berjumlah 63,34, tingkat ketuntasan berjumlah 50% dan Skor tertinggi 85 dan skor terendah 30. Kemudian rata-rata postes siklus II berjumlah 73,07, tingkat ketuntasan berjumlah 88,46% dan Skor tertinggi 85 dan skor terendah 45.
Keywords
3-R, Keterampilan, Menulis
References
Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
Cut Oktavia, Dina, dkk. (2019). Hubungan Penggunaan YoutubeSebagai Sumber Belajar Keterampilan Membaca Peta dengan Hasil Belajar. Jurnal Vol 2, No. 4.
Dalyono. (2015), Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ernanto, Bayu Andi. (2014). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Minat Baca Anak Kelas IV dan V DI SDN Wiyoro Bantul. Skripsi. Yogyakarta: FKIP PGSD UNY.
Farida Rahim, (2011), Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamiyah, N. Dan M. Jauhar. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka
Mukhtar. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka.
Nurhadi. (2010). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Satumahati, (2014). Kemampuan Membaca, dalam http://id.shvoong.com/writing-and-speaking /2054773-kemampuan-wawasan, diakses 25 Desmber 2014
Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algensindo.
Suyatno, (2011). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.