UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Sahara, R. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VI SD KUTA RENTANG (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1159.
Sahara, Rita. “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VI SD KUTA RENTANG.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1159.

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VI SD KUTA RENTANG

Thumbnail

View/Open

F0818067W.pdf (765 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Rita Sahara

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama dan Tanggung Jawab Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VI SDN Kuta Rentang”. Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam meningkatkan sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran ipa kelas VI SDN Kuta Rentang. Untuk mengetahui penerapan metode Model Pembelajaran Experiential Learning dalam meningkatkan sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran ipa kelas VI SDN Kuta Rentang. Subjek dalam penelitian ini adalah IPA siswa kelas VI SDN Kuta Rentang yang jumlah siswanya 8 siswa terdiri dari 5 laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes tulis. Teknik analisis data dengan mengunakan Rumus Rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas Mengajar guru pada siklus I lebih rendah dibandingkan siklus II. Aktivitas belajar siswa pada pada siklus I lebih rendah dibandingkan siklus II. Penilaian kerja sama pada siklus I jumlah keseluruhan 13 dengan nilai rata-rata 2,16 % dikateorikan kurang. penilaian kerja sama siklus II dengan jumlah keseluruhan 20 dengan nilai rata-rata 3,33 % dikateorikan Baik. Penilaian tanggung jawab siklus 1 dengan jumlah total sebesar 14 dengan nilai rata-rata 2,16 % dikateorikan kurang. Penilaian tanggung jawab siklus 1 dengan jumlah total sebesar 18 dengan nilai rata-rata 3,6 % dikateorikan Baik.


Keywords

Model Pembelajaran Experiential Learning, Sikap Kerjasama, Tanggung Jawab, Pembelajaran IPA

References

Abdul Majid. (2013). Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Anas Sudijono, (2011). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Aprilia, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(01).

Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Fitri (2017) Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan etika di sekolah, Jogjakarta: arru Media.

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kasni, N. W., Pudjawan, K., & Agustiana, I. G. T. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Kelas V SD Kelurahan Kaliuntu. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Kementerian Pendidikan Nasional, (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Lie, Anita. (2010). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Maulana M. Fami (2015) dengann Judul Implementasi model experiential learning dalam pembelajaran IPA materi energi dan perubahannya siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

Misyarti R. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode inovatif dan Kreatif, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mulyasa. (2014) Nilai Karakter Refleksi untuk pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Meier, Dave. (2002). The Accelerated Learning Handbooks: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.

Mustari, (2014). Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013, Bandung: grafindo.

Oemar Hamalik. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum.. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sofan Amri. (2013). Pengembangan Dan Model Pembelajaran Kurikulum 2013, Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Trianto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara

Yaumi, (2016) Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & implementasi, Jakarta: Kencana

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1159

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository