UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Fakhriani. (2021). PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN KUTA RENTANG (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1158.
Fakhriani. “PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN KUTA RENTANG.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1158.

PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN KUTA RENTANG

Thumbnail

View/Open

F0818049W.pdf (853 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Fakhriani

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Perkembangan Kognitif Pada Pembelajaran IPA Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN Kuta Rentang”. Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan metode pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Kuta Rentang. Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Kuta Rentang. Subjek dalam penelitian ini adalah IPA siswa kelas V SDN Kuta Rentang yang jumlah siswanya 8 siswa terdiri dari 5 laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes tulis. Teknik analisis data dengan mengunakan Rumus Rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengelola pembelajaran pada siklus I lebih rendah dari siklus II yaitu nilai siklus I sebesar 2,64, siklus II sebesar 3,45. Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan Roll Playing juga pada siklus II lebih unggul dari siklus I. Nilai siklus I berjumlah 2,45 dan siklus II berjumlah 3,45. Nilai rata-rata peningkatan Perkembangan Kognitif pada pembelajaran IPA melalui metode Roll Paling pada siklus I sebesar 67,5 dan siklus II sebesar 75. Jadi dapat disimpulkan bahwa peningkatkan perkembangan kognitif pada pembelajaran IPA melalui metode Role Playing dimana siklus II lebih tinggi dibandingkan siklus I. Jadi dapat disimpulkan bahwa setelah melakukan rangkaian kegiatan pembalajaran, maka hasil perkembangan kognitif dikatakan tuntas, maka tidak perlu dilanjutkan ke siklus III.


Keywords

Kognitif, Pembelajaran IPA, Metode Role Playing

References

Anas Sudijono, (2011). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Astuti (2018) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn 3 Tempuran Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Vol. 3 (2018).

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Ahmadi, Abu, dan Nur Uhbiyati, (2016), Ilmu Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Asrul, Sitorus Dkk, (2016), Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Memina Sdm Yang Berkarakter, Medan: Perdana Publishing

B. Uno, Hamzah, (2011), Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Conny R. Semiawan. (2008). Belajar dan Pembelajaran Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang

Desmita, (2012), Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Remaja Rosdakarya

Huda, Miftahul, (2014), Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hisyam Zaini, dkk, (2008). Strategi Pembelajaran Aktif, Madani, Yogyakarta.

Hamalik, Oemar. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Istrani, (2014), 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada

John W.Santrock, (2011). Psikologi Pendidikan,Jakarta: Kencana

Khadijah, (2016), Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing

Maslichah Asy'ari. (2006). Penerapan Pendekatan STM dalam Pembelajaran Sains di SD. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma

Muhamad Wendi, (2013) Memahami cara anak-anak belajar, Jakarta: Visi Media

Nurhasanah dan Sudin (2016) dengan judul “Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016).

Usman Samatowa. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks

Sardiman. A.M, (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja. Grafindo Persada.

Tayar, Yusuf. (2007). Metode Pengajaran Agama dan Bahasa. Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Valentina dan Hartati (2017) “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Audiovisual. Jurnal. Ilmu Pendidikan

Yaumi, (2013), Kecerdasan Jamak, Jakarta: Kencana Prenadamediagroup

Zainal Arifin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Islam

Zainal Arifin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Islam

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1158

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository