PEMBENTUKAN KARAKTER HORMAT DAN SANTUN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD BUNGONG PADE KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR
Abstract
Karakter hormat dan santun merupakan salah satu nilai karakter yang perlu dibentuk kepada anak sejak dini. Rasa hormat dan santun merupakan menghargai orang lain dengan berperilaku baik dan sopan. Pada kenyataannya, sikap hormat dan santun yang dimiliki anak di PAUD Bungong Pade belum optimal. Dengan demikian diperlukan pembentukan karakter horrmat dan santun anak di PAUD Bungong Pade. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini fokuskan pada analisis pembentukan karakter hormat dan santun anak di PAUD Bungong Pade. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya metode deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data dianalisa dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) bentuk sikap hormat dan santun yang dimiliki anak PAUD Bungong Pade diantaranya: sebagian anak memberikan salam ketika bertemu dengan guru, memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung dengan posisi duduk yang sopan dan tertib, merendahkan hati, selalu hormat, santun dan sopan terhadap guru, menghargai pendapat teman ketika belajar/bermain, tidak menyombongkan diri dan tidak mengejek teman. (2) upaya yang dilakukan oleh guru PAUD Bungong Pade dalam pembentukan sikap hormat dan santun adalah: memberikan teladan yang baik, memberikan teguran, melakukan pendekatan hati, melakukan strategi dalam bentuk pengkondisian kelas, dan menggunakan fasilitas maupun media yang tersedia di sekolah dengan tepat. (3) kendala yang dihadapi guru PAUD Bungong Pade dalam pembentukan sikap hormat dan santun anak adalah: Karakter setiap anak yang berbeda dan Perkembangan teknologi.
Keywords
Analisis, Pembentukan Karakter, Hormat, Santun
References
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran. Nilai-Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Aini, Qurratul. 2019. Pengembangan Karakter Sopan Santun Melalui Kegiatan Bermain
Peran Pada Anak Usia Dini Di Tk Adirasa Jumiang. Islamic Edukids: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 01 No. 02, 41-48.
Al Rasyidin. 2006. Kepribadian & Pendidikan. Bandung: Cipta Pustaka.
Al Tridhonanto. 2012. Membangun Karakter Sejak Dini. Jakarta: Gramedia.
Alwisol. 2006. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM.
Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya
untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, oleh Pusat Kurikulum
Departemen Pendidikan Nasional, 2010, diakses 30 November 2020.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas.
Eriyanti, Ishvi Oktavenia; Heryanto Susilo,Riyanto, Yatim. 2019. Analisis Pola Asuh
Grandparenting Dalam Pembentukan Karakter Anak di TK Dharma Wanita I
Desa Drokilo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan
Untuk Semua
Faturrohalman, Pupuh. 2013. Pengembangan pendidikan karakter. Bandung: PT
Refikaaditama.
Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasanah, Umrotul. 2019. Upaya Guru dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini
Melalui Keteladanan dan Pembiasaan di PAUD Al-Amien Gunung Eleh
Kedungdung Sampang. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1),
13-18.
Helmawati, 2015, Mengenal dan Memahami PAUD, Bandung: PT Remaja Rousia
diniakarya.
Hidaya, Nurman dan Yaspin. 2020. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya
Peningkatan Karakter Bangsa . Jurnal Hawa, 1(1), 11-22.
Iswantiningtyas, Veny., Wulansari, Widi. 2018. Pengembangan Model Penilaian
Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini .Volume 12
Edisi 2 November 2018 . 361-370.
Jauhari. 2020. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi
Covid 19. Jurnal Buah Hati, Vol. 7, No.2, 169-181.
Kemal, Isthifa Dan Marlina. 2016. Penggunaan Model Pembiasaan Modeling untuk
Meningkatkan Perilaku Disiplin Anak Kelompok B di TK Kartika Xiv-12 Banda
Aceh.. Jurnal Buah Hati, Vol. 3, No.1, 12-30.
Khadijah. 2016. Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing
Kusuma Dony. 2004. Pendidikan Karakter. Jakarta : Grasindo.
Lexy J. Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rousia dinia
Karya.
Majid, Abdul, dan Andayani, Dian. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam.
Bandung: Remaja Rousia dinia Karya.
Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Masduki Asbari, Wakhida Nurhayati, Universitas Pelita Harapan, Agus Purwanto. 2019.
Pengaruh Parenting Style dan Personality Genetic Terhadap Pengembangan Karakter
Anak Di Paud Islamic School. JAI IV (2) (2019) . JURNAL AUDI, 148-163.
Mu'in, Fathul. 2013. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik. Jogjakarta:
Ar-Ruzz Media.
Muchlas,Samani dan Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter.
Bandung: Remaja Rousia diniakarya.
Mujib, Abdul & Mudzakkir, Jusuf . (2008). Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana
Prenada Media Group, 2008), h. 87.
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Musfiroh Tadkiroataun. 2008. Pengembangan Karakter Anak Melalui Pendidikan
Karakter. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia
Dini.
Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia
Dini.
Prasanti, Ditha dan Fitriani, Dinda Rakhma. 2018. Pembentukan Karakter Anak Usia
Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 2(1), 13-19.
Prasetyo, Nani. 2011. Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat
Pembinaan Anak Usia Dini.
Pusat Kurikulum. (2009). Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa:
Pedoman Sekolah (hal. 9-10). Jakarta.
Raharjo. 2010. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. dalam
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.Jakarta: Balitbang Kementrian Pendidikan
Nasional.
Roostin, Erna, Swandhina, Muthiara. 2019. Analisis Pembelajaran Sains Pada Anak Usia
Dini Berbasis Karakter di TK Arasy Kabupaten Sumedang. Jurnal Tunas
Siliwangi Issn : OVol. 5, No. 2, Oktober 2019
Rusyan, A Thabrani. 2006. Pendidikan Budi Pekerti. Bandung : PT. Sinergi Pustaka
Indonesia.
Santika, Tika. 2018. Peran Keluarga, Guru dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter
Anak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Unsika, Vol. 6, No. 2, 77-85.
Shinta Dwi Kustika S, Drs. H. AT.Hendrawijaya,. S.H, M.Kes, Deditiani Tri Indrianti.
2017. Peran Pendidik dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Taman
Posyandu Boegenvil di Kelurahan Kebonsari Kulon Kecamatan Kanigaran Kota
Probolinggo. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 2017, I (1):
28-31
Silaen, Suarseh, Yurnel,dan Sri Wahyuni. 2018. Sikap Hormat Dan Disiplin pada Anak
Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 2, No 1, 69-81.
Siti Samsiyah, Muhammad Hanif, dan P Parji. 2020. Peningkatan Sopan-Santun dan
Disiplin melalui Tembang Dolanan pada Siswa TKIT Al Furqon Maospati
Magetan. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial. Vol. 5, No. 1, 40-51.
Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2012, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT
Indeks
Suyadi, Maulidya Ulfah, 2013, Konsep Dasar PAUD, Bandung: PT Remaja
Rousia diniakarya.
Syukri, Ahmad Asrul. 2016. Strategi Pendidikan Anak Usia Dini.Medan: Perdhana
Publishing.
Tola, Yeza Peti. 2018. Perilaku Agresif Anak Usia Dini Dilihat dari Pola Asuh Orang Tua,
Jurnal Buah Hati, Vol. 5, No. 1, 1-13.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 butir
14.
Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Praktik
Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yaumi Muhammad. 2016. Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
Yusra dan Yunisari, Dewi. 2019. Pengembangan Nilai Karakter Anak Melalui Metode
Bercerita di TK Islam Terpadu Al-Azhar Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, Vol. 6,
No.2, 145-152.
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga
Pendidikan. Jakarta: Kencana