EFEKTIFITAS TEKNIK JARIMATIKA TERHADAP KETRAMPILAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS IV SD TULAN
Abstract
Kemampuan berhitung merupakan kecakapan untuk menyelesaikan perhitungan dengan bilangan. Banyak dijumpai kesalahan hitung yang dilakukan peserta didi dalam mengerjakan soal-soal matematika. Hal ini mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Penggunaan metode jarimatika tersebut diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkaliannya. Metode jarimatika adalah suatu cara berhitung menggunakan jari-jari tangan kita sendiri untuk menyelesaikan operasi penambahan, penggurangan, perkalian, dan pembagian dengan mudah dan menyenangkan. Kelebihan penggunaan metode jarimatika yang tepat dapat memberikan visualisasi proses berhitung (Asih, 2009). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan menghitung perkalian siswa kelas IV SD Negeri Tulaan Tahun Ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Peserta didik terlihat aktif dan senang saat penerapan metode jarimatika. Hasil tes menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki keterampilan berhitung perkalian yang baik. Selain itu, ada tiga kriteria keefektifan metode pembelajaran yang harus dipenuhi. Pertama, ketuntasan belajar siswa kelas IV menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah melebihi kriteria ketuntasan minimal. Kedua, ada peningkatan dan perbedaan antara pemahaman awal dan setelah pembelajaran. Ketiga, dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa yang kesulitan menghitung
Keywords
Metode Jarimatika, Kemampuan Berhitung Perkalian
References
DAFTAR PUSTAKA
Departemen Agama RI , 2013. Alqur'an dan terjemahan, Jakarta: Pustaka Al-mubin.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Renika Cipta.
Fitrianingsih, Wiwin.2017. Pengaruh Media Congklak Terhadap Keterampilan Berhitung Anak Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD Negeri 69 Seluma. Skripsi. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Hasbullah. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kadir, Abdul dan Hanun Asrohah.2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers.
Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: RajaGrafindo.
Marliani, Rosleny dan Beni Ahmad S. 2010. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Phopam, W. James dan Eva L. Balker. 2011. Teknik Mengajar Secara Sistematis.
Jakarta: Renika Cipta.