UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Julianti, I. (2021). PENGARUH MEDIA JAM PUTAR ASEAN TERHADAP PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD TULAAN KABUPATEN ACEH SINGKIL TAHUN 2019/2020 (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1152.
Julianti, Irma. “PENGARUH MEDIA JAM PUTAR ASEAN TERHADAP PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD TULAAN KABUPATEN ACEH SINGKIL TAHUN 2019/2020.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1152.

PENGARUH MEDIA JAM PUTAR ASEAN TERHADAP PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD TULAAN KABUPATEN ACEH SINGKIL TAHUN 2019/2020

Thumbnail

View/Open

F0816050W.pdf (377 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Irma Julianti

Abstract

Pendidikan merupakan sarana penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam menjamin sebuah kemajuan suatu bangsa dan negara. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat direalisasikan dalam menghadapi persaingan global sekarang ini. Melalui sistem pendidikan yang sejalan dengan itu Tirtarahardja & La Sulo (2010: 227)mengemukakan bahwa “pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan”. Oleh karena itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia sejak dini adalah prioritas utama dalam memajukan suatu bangsa dan negara. Dalam kehidupan yang serba maju, modern dan serba canggih seperti saat ini, pendidikan memegang peranan penting untuk menjamin kelangsungan hidup. Pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Depdiknas (dalam Susanto, 2014: 35). Seorang guru dalam menjalankan dan mengolah proses pembelajaran di kelas sangat dituntut untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Adapun cara yang dilakukan guru dalam pembelajaran menurut Sudjana dan Rivai (dalam Fillanio, 2013: 2) bahwa menciptakan suasana yang menyenangkan quantum learning, mengikutsertakan dan menyelesaikan masalah siswa dalam pembelajaran. Jadi dalam pelaksanaannya atau dalam proses pembelajaran sebagai seorang guru harus menciptakan suasana yang menyenangkan dan menarik. Media pembelajaran yang tepat diberikan kepada siswa sangatlah berpengaruh terhadap motivasi. Jika dalam proses pembelajaran telah memanfaatkan media, diharapkan dapat memotivasi siswa dalam belajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Pengaruh media jam putar Asean dapat meningkatkan pengetahuan Terhadap Jam pembelajaran IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tulaan Aceh Singkil 2019/2020,Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media jam putar Asean dan tipe Konvensional? Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Dimana pendekatan kualitatif mempunyai beberapa definisi diantaranya : penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata - kata, tertulis atau lisan dari orang - orang dan perilaku yang dapat diamati (Margono, 2005: 36). Prestasi belajar dikatakan meningkat apabila tiap siklus terjadi peningkatan nilai ketuntasan minimal ≥ 65 dari nilai rata-rata siklus sebelumnya dan dikatakan tuntas dengan nilai klasikal ≥ 85%. Setelah dilakukan penelitan mengunakan media pembelajaran berupa jam putar Asean hasil belajar siswa pada pelajaran IPS secara klasikan Niali siswa Mengalami kenaikan mutu.


Keywords

Pengaruh media jam putar Asean dapat meningkatkan pengetahuan Terhadap Jam pembelajaran IPS

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta:Bumi Aksara). Dekdikbud. 1999. Petunjuk Proses Belajar Mengajar( Jakarta:Balai Puataka)

Hamzah, Ali, Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika (Jakarta:RajaGrafindo Persada). Hamali, Oemar, 2013 Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara) Hanafiah Nanang dan cucu Suhada. 2009.

Konsep Strategi Pembelajaran (Bandung: Refika Aditama) Jamarah, Saiful Bahri. 2002. Strategi Belajar mengajar (Jakarta:Rineka Cipta). Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual (Bandung:Refika Aditama). Rusman, 2014.

Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme guru (Jakarta: Raja Grafindo Persada) Sajiman, dkk. 2009 Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SD/MI Kelas VI (Jakarta: CV.Sindunata) Sapriyah. 2009.

Pendidikan IPS (Bandung: Remaja Rosdakarya) Sapriya,dkk. 2008. Konsep Dasar IPS ( Bandung: Yasindo Multi Aspek) Sardjiyo, dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD (Jakarta: Universitas Terbuka). Sudjana. 2005. Metode Statistika.(Bandung: Tarsito).

Sudaryono, G Margono dan W. Rahayu. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan (Yogyakarta: Graha Ilmu) Supriono,Agus. 2012 Cooperatif Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM ( Yogyakarta: pusaka pelajar)

Suryosubroto B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah (Jakarta: Rineka Cipta) Slameto. 2013 belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi (Jakarta: Rineka Cipta) Syah,Muhibbin. 2013.

Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru.(Jakarta: Remaja Rosdakaraya). Tim Penyusun KBBI, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia ,edisi ketiga (Jakarta: Pusat Bahasa)

Rahmadi Media Jam Putar Asean dalam Menungkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi Cetakan 2014 Universitas Hasanuddin Makassar .

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1152

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository