PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD N 2 LIPAT KAJANG KABUPATEN ACEH SINGKIL TAHUN 2013/2014
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. IPA merupakan suatu kumpulan informasi yang berupa pengetahuan dan proses baik secara alamiah maupun buatan yang ada di bumi, menurut Susanto (2013:165). Mata pelajaran IPA sering dianggap sulit bagi peserta didik khusunya pada tingkat sekolah dasar. Namun jika hal tersebut dipelajari dengan seksama dan menggunakan cara yang menyenangkan maka pelajaran IPA tidak sesulit yang dibayangkan. Pada proses pembelajaran IPA berlangsung, dibutuhkan suatu dukungan dari berbagai komponen seperti halnya dengan memanfaatkan media pembelajaran. Hasil penelitian (Felton,2001) dalam Rayandra (2012:15) menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran penggunaan media dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media merupakan salah satu bagian dari sistem pembelajaran, bahkan lebih khusus lagi dapat dikatakan sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran. Sebagai bagian integral sistem pembelajaran, kedudukan media tidak dapat dipisahkan dan berpengaruh terhadap pelaksanaan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi yang berupa video atau film terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas Kelas IV SDN Tulaan. Ujicoba dilakukan dengan soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Setelah setiap butir soal diujicobakan maka dilakukan pengujian validitas dengan menggunakan software SPSS 16 dengan menggunakan rumus product moment. Setiap soal dapat dikatakan valid apabila rhitung lebih besar rtabel. Dengan taraf signifikan yang digunakan adalah 5% dan diketahui bahwa rtabel sebesar 0.468.Diketahui bahwa hasil uji validasi soal tersebut adalah 20 soal pilihan ganda dan dinyatakan valid seluruhnya. Data observasi ini didapatkan melalui observer lalu dianalisis guna mendapatlan hasil,Setelah dilakukan penelitian ternyata pengeruh media Animasi berupa Video atau film dapat meningkat hasil belajar siswa pada materi IPA di SD Negeri Tulaan.
Keywords
pengaruh penggunaan media animasi yang berupa video atau film terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas Kelas IV SDN Tulaan
References
DAFTAR PUSTAKA
Agoes, Dariyo. 2013. Dasar-Dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT Indeks.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fllanio, Jeli Fransius. 2013. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (Online),http://jurnal.repository.upi.edu,Diakses 20 Oktober 2017).
Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, B.Uno. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kamrianti, Ramli. 2011. Kelebihan dan Kekurangan Media Animasi. Media Animasi, (Online), (http://kamriantiramli.wordpress.com, Diakses 21 Oktober 2017).
Khaeruddin dan Sudjiono,E.H. 2005. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Penerbit Makassar.
Maharuddin, Mangewa.. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Mudyahardjo, Redja. 1998. Pengantar Pendidikan. Bandung: PT. RajaGrafindo Persada.
Muzzam. 18 Mei 2012. Motivasi Belajar: Pengertian, Ciri-ciri, dan Upaya. Motivasi belajar (Online), (https://muzzam.wordpress.com, Diakses 23 Oktober 2017).
Nining, Purwaningsi. 2014. Media Pembelajaran Audio, Visual, dan Animasi. Media Pembelajaran, (Online), (http://niningpurwaningsih18.blogspot.com, Diakses Oktober 2017).
Rahadi ,Aristo.2004.pemilihan dan pengembangan media Pembelajaran.jakarta :Depdiknas.
Ridwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Rusman., Deni, K., & Cepi, R. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sadiman d.k.k .2009. Media Pendidikan.jakarta :PT.Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Sudrajat, Akhmad. 11 September 2012. 18 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Tentang Pendidikan, (Online), (https://akhmadsudrajat.wordpress.com, Diakses 26 Desember 2014).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tirtarahardja, Umar & Sulo La L.S. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Umriani.2010.Pemanfaatan media pembelajaran vsual dalam menimgkatkan hasil belajar IPA di SDN 15 parepare.skripsi Universitas negeri Makassar.
Wendy, Ostoroff, L. 2013. Cara Anak-Anak Belajar. Jakarta: PT Indeks.
Winaputra . 1992. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Depdiknas.