PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MATERI TUMBUH – TUMBUHAN PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK KELAS IV SD
Abstract
Pada era desentralisasi sekarang ini peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) menjadi prioritas utama dalam program pembangunan jangka panjang tahap ke II 1994-2018. Peningkatan mutu sumber daya manusia diharapkan untuk mengaktualisasikan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap manusia, sehingga menjadi bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat. Berdasarkan pengalaman mengajar guru kelas IV SD Tulaan dalam proses pembelajaran IPA dengan materi Tumbuh - tumbuhan, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang dijelaskan oleh guru. Guru memberikan materi IPA dengan metode ceramah, di mana konsep IPA disampaikan dengan ceramah. Guru mendominasi kegiatan pembelajaran, sedangkan anak mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan latar belakang diatas peneliti ingin meneliti pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa, sehingga penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul "Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Materi Tumbuh – tumbuhan pada pembelajaran IPA kelas IV SD Tulaan Tahun 2019/2020”. Identifikasi Masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah, walaupun terkadang juga menggunakan metode diskusi dan tanya jawab; Hasil belajar siswa kelas IV SD Tulaan belum maksimal, Para guru merasa terbebani dengan adanya perubahan kurikulum; dan khususnya guru yang sudah tua dan sosialisasi yang dilakukan masih belum optimal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik pada materi tumbuh – tumbuhan pada pembelajaran IPA untuk SD kelas IV.Untuk mengetahui apakah berpengaruh pendekatan saintifik pada materi tumbuh – tumbuhan pada pembelajaran IPA untuk SD kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, pengumpulan angket, serta dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan :Perencanaan pembelajaarn menggunakan pendekatan saitifik di SD Negeri Tulaan memperolah persentase sebelas 97 % dikategorikan dengan sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saitifik di SD Negeri Tulaan memperoleh presentase 88,89% dikategorikan dengan sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan saitifik di SD Negeri Tulaan terlaksana dengan sangat baik.
Keywords
Pendekatan Saitifik , Pelajaran IPA
References
DAFTAR PUSTAKA
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya. / Implementasi Pembelajaran Teks Diskusi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia. (Online) Vol 3. No. 1. Maduretno, DKK., 2016. Pembelajaran,SDMenggunakan
Model Learning Cycle Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar. JPFK, 2(1). Majid, A., & Rochman, C. 2014.
Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Maknuunah, L. 2018.
Analisis pembelajaran bela diri militer di sman taruna nala jawa timur terhadap sudut pandang standar proses pendidikan dasar dan menengah.
Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia. (Online) Vol 4. No.2. Maulidina, M, A. 2018. Pengembangan Game Based Learning Berbasis 3HQGHNDWDQ 6DLQWLøN 3DGD Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
Jurnal Inovasi Dan Teknologi PembelajaranPendidikan dan Sastra Indonesia. (Online) Vol 4. No. 2. Mulyasana, D. 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rusman. 2017.
Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Saefuddin, A., & Berdiati, I. 2014.
Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sedarmayanti, & Hidayat, S. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.
Sudijono, Anas. 2009.Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada