UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Hasanah, N. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD N TULAAN (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1149.
Hasanah, Nurul. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD N TULAAN.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1149.

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD N TULAAN

Thumbnail

View/Open

F0816051W.pdf (377 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Nurul Hasanah

Abstract

Membilang adalah suatu kegiatan membandingkan. Kegiatan membandingkan ini dilakukan dengan cara mengkorespondenkan atau memasangkan benda, unsur atau elemen suatu himpunan. Membilang juga bisa dikatakan dengan menghitung. Karena menghitung adalah suatu proses ketika anak menyebutkan bilangan dengan nama bilangannya. Menghitung awal biasanya dilakukan anak dengan membilang. Proses membilang menyangkut dua kegiatan, yakni (1) anak menyebut seri bilangan mulai dari satu dan (2) anak dapat menunjuk pada obyek yang berbeda sementara itu. Adapun beberapa empat prinsip membilang. Keempat prinsip tersebut sebagai berikut: (1) Setiap objek akan dibilang harus dihubungkan dengan satu nama bilangan, (2) Nama bilangan harus sesuai dengan urutan obyek tertentu, (3) Membilang tidak perlu mulai Membilang merupakan suatu hal yang berkaitan dengan perhitungan penjumlahan,pengurangan, pembagian dan perkalian. Banyak orang mempelajari berhitung karena berhitung diperlukan dalam pekerjaan serta kehidupan manusia, dan kini berhitung telah menjadi pelajaran wajib di sekolah. Hal ini sejalan dengan penelitian Durrani (2012) the importance of numeracy skills in the recruitment of graduates in the employment sector diversity. Berdasarkan hasil survey pada saat penelitian pendahuluan yang dilakukan di SD Negeri Tulaan pada tanggal 4 Maret 2020, hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan Membilang peserta didik kelas 1 di SD Negeri Negeri Tulaan. Penyebab rendahnya kemampuan berhitung yaitu dalam proses pembelajaran masih kurang adanya keragaman media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan masih menggunakan benda-benda yang ada di sekitar kelas saja. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting di dalam proses pembelajaran di sekolah, media pembelajaran digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar, sejalan dengan penelitian Liu, dkk (2005) the use of communication media such as second life is very influential media in teaching and learning activities, the media can enhance student learning activities in the classroom. Salah satu media pembelajaran Matematika adalah flash card. Flash card adalah media pembelajaran matematika yang digunakan untuk menjelaskan konsep nilai tempat suatu bilangan, operasi penjumlahan dan pengurangan.Tujuan Penelitian ini adalah Mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran flash card terhadap peningkatan kemampuan membilang peserta didik di kelas 1 di SD Negeri Tulaan Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis eksperimen, menurut Sugiyono (2016:107) jenis eksperimen merupakan metode yang menjadi bagian dari jenis kuantitatif yang mempunyai cirri khas tersendiri, yaitu dengan adanya kelompok control. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan tabel hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji wilcoxon, diketahui bahwa nilai t yang diperoleh yaitu 0. Penentuan t hitungan menurut Sugiono (2010:136) yaitu diambil dari jumlah jenjang yang kecil tanpa memperhatikan tanda. t hitung tersebut dibandingkan dengan t tabel. Cara mengetahui t tabel yaitu menentukan (n,α), dimana n = jumlah sampel dan α = taraf signifikansi 5% sehingga t tabel yang diperoleh yaitu 52. Mengetahui jumlah angka yang diperoleh dari t tabel berjumlah 52 berarti t hitung < t tabel (0< t tabel (0 < 25) maka hipotesis penelitian ini diterima. n setelah diberi perlakuan/ treatment (posttest). Pada kegiatan treatment ini, peneliti menggunakan media flashcard yang dilakukan sebanyak 3 kali. Sebelum menggunakan media flashcard, peneliti terlebih dahulu memberikan kegiatan sebelum diberi perlakuan/ treatment (pretest). Selanjutnya hasil yang diperoleh dari pre-test dan post-test dianilisis menggunakan uji statistik non parametrik dengan rumus Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa media flashcard berpengaruh terhadap kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan 1-10 dengan hasil perhitungan nilai sebelum perlakuan (pretest) pada anak kelompok A diperoleh rata-rata 6,85 sedangkan hasil setelah perlakuan (posttest) diperoleh rata-rata 9,80. Teknik analisis data yang diperoleh yaitu t hitung = 0 lebih kecil dari t tabel = 52. Hal ini berarti penggunaan media flashcard memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan.


Keywords

Media Flas Card, Membilang

References

ABSTRAK

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. DePorter, B. dan Mike H. 2003. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Dodigovic. 2013.

Vocabulary Learning with Electronic Flash card: Teacher Design vs. Student Design.Voices in Asia Journal 2013. Volume 1, Issue 1. Folse, K. S. (2006).

The Effect Of Type Of Written Exercise On L2 Vocabulary Retention. TESOL Quarterly, 40 (2), 273 ± 293.

Hasan, Helmi., dkk. (2003), Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar, Padang: UNP. Nation, I. S. P.

(2001). Learning Vocabulary In Another Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Flash card Sebagai Media Pembelajaran Inkuiri Klasifikasi Science Education Journal, 2,

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/usej/article/view/870/895 (diakses tanggal 12

Januari 2015). Treacy, et.all. 2012.

The Effects of Flash card and Student Selected Reinforcers With Goals And Additional

with Multiplication Facts For Two Intermediate Elementary Students with Behavior

. Academic Research International.

Volume 2, Number 1, January 2012. ISSN-L: 2223-9553, ISSN: 2223-9944. Zaini, Hizam dan Hastini Nurwati. 2005.

Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta. P&K Dirjem Dikti

Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1149

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository