PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KUTA RENTANG
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kuta Rentang”. Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD Negeri Kuta rentang. Untuk mengetahui Pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas IV SDN Kuta Rentang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kuta Rentang 8 siswa dengan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dengan mengunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata Akativitas guru Pada siklus I berjumlah 2,7. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 3,7 berada pada kategori sangat baik. Rata-rata Aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 2,37. Aktivitas pada siklus II diperoleh bahwa rata-rata aktivitas siswa 3,37 dikategorikan Sangat Baik. Hasil dari siklus I diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar PKN melalui metode Inkuiri siswa Kelas IV yaitu sebesar 69,37. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan hasil beelajar berada di bawah KKM yang ditentukan yaitu 70. Jumlah siswa yang telah tuntas adalah 5 orang siswa dengan presentase 62,5 %. Sedangkan siswa yang tidak tuntas mencapai 3 orang siswa dengan presentase 37,5%. Nilai tertinggi yang diraih siswa pada tahap siklus 1 adalah sebesar 85 dan nilai terendahnya adalah 35. Hasil dari siklus II diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa Kelas IV pada pembelajaran PKn yaitu sebesar 76,25. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan siswa sudah berada di atas KKM yang ditentukan yaitu 70. Jumlah siswa yang telah tuntas adalah 7 orang siswa dengan presentase 87,5%. Sedangkan siswa yang tidak tuntas mencapai 1 orang siswa dengan presentase 12,5%. Nilai tertinggi yang diraih siswa pada tahap siklus II adalah sebesar 90 dan nilai terendahnya adalah 45.
Keywords
Hasil Belajar, Inkuiri
References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi. Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ali, Isman dan Ernawati (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Norma Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas VIII D di UPTD SMP Negeri 05 Bangkalan. Jurnal.
Chiappetta, E.L., & Koballa, T.R. 2010. Science Instruction in The Middle and. Secondinary Schools Developing Fundamental Knowledge and Skills. USA
Dalyono, M. 2009, Psikologi Pendidikan, Bandung : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nurlaily Ari Rizky (2016) dengan judul “Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKN Melalui Pendekatan InkuiriDengan Berbantuan Media Video Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang standar Isi Pendidikan Nasional
Rosma. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras. Heruman
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suprijono Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
Supriyanto Didik (2017) Penerapan Metode Inkuiri Pada Pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Di Kelas Vmisalafiyah Syafiiyah Klinterejo Sookomojokerto. Jurnal
Syaefudin, 2009. Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Trianto 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya:Kencana