UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Putri, C. H. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN SAINS DI KELOMPOK B TK AL-AZHAR CAIRO BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1146.
Putri, Cici Hernita. “ANALISIS PEMBELAJARAN SAINS DI KELOMPOK B TK AL-AZHAR CAIRO BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1146.

ANALISIS PEMBELAJARAN SAINS DI KELOMPOK B TK AL-AZHAR CAIRO BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0717020W.pdf (2 MB)

Issue Year

2021

Author(s):

Cici Hernita Putri

Abstract

Kemampuan berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau mengucapkan kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan pikiran, gagasan, perasaan kepada pendengar. Maka untuk mengembangkan keterampilan berbicara dibutuhkan metode yang menuntut anak untuk terlibat aktif didalamnya. Dalam hal ini penulis menggunakan metode bercerita. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana kemampuan sains pada kelompok B di TK AL-Azhar Cairo Banda Aceh?. Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran sains untuk anak kelompok B TK AL-Azhar Cairo Banda Aceh?. Apa saja kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengajarkan sains pada kelompok B di TK AL-Azhar Cairo Banda Aceh?. Tujuannya adalah untuk mengetahui bgaimana rancangan pembelajaran sains untuk anak kelompok B di TK AL-Azhar Cairo Banda Aceh. Untuk mengetahui bagaimana kemampuan sains pada kelompok B di TK AL-Azhar Cairo Banda Aceh. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengajarkan sains pada kelompok B di TK TK AL-Azhar Cairo Banda Aceh. Jenis penelitian adalah analisis kualitatif dengan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada anak kelompok B di TK. Al-Azhar Cairo Banda Aceh tentang analisis kemampuan sains anak yaitu : di TK Al-Azhar Cairo Banda Aceh kususnya pada kelompok B terdapat 25 anak diantaranya 3 anak yang kemampuan sainsnya belum meningkat sedangkan 22 anak lainnya sudah meningkat dalam pengembangan kemampuan sains anak . Secara umum kemampuan sains anak di TK Al-Azhar Cairo Banda Aceh berjalan dengan baik, serta anak sudah mampu dalam melakukan kegiatan sain. Guru menggunakan berbagai media untuk menunjang kemampuan sains anak, penggunaan media disesuaikan dengan kemampuan anak masing-masing. Kendala yang terjadi pada anak tentang kemampuan sains anak di TK Al-Azhar Cairo Banda Aceh yaitu masih terdapat anak yang belum mampu dalam melakukan pembelajaran sains. Dengan demikian penanganan yang dilakukan pada anak yang kemampuan sainsnya belum berkembang guru memberikan perhatian kusus, dengan menyesuaikan pembelajaran yang cocok bagi anak


Keywords

Anak Usia Dini, Pembelajaran Sains

References

Agusta. 2012. Pengertian Anaka Usia Dini. Jakarata: Depdiknas

Ahsani, Yulianti dan Khanafiah. 2015. Eksplorasi Pembelajaran Sains Untuk Meningkatan Kemampuanerpikir Anak : Unnes Physics Education Journal

Arikunto. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AFABETA, cv.

Baichler dan Snowman, Dwi Yulianti.2010. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gala

Banchi, Trundle.2019.Teaching Science During The Early Childhood Years. Artikel of National Geographic.

Chiappetta, Fatonah dan Prasetyo. 2014. Pemelajaran Sains. Yogyakarta: Ombak

Chusniyah, Dewi dan Pamelasari. 2016. Keefektifan Permainan Monopoli Berasis Science Edutainment Tema Tata surya Terhadap Minat Belajar dan Karakter Ilmia Siswa. Unnes Science Education Journal.

Ditjen PAUDNI.2015. Proses Mengamati Sains. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dyer, Sani. 2014. Pembelajaran Sains. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fathurrohman. 2015. Karakteristik Pendekatan Sains. Yogyakarta: Kalimedia.

Freud. 2008. Tahap Perkembangan Tahap Psikosial. Yogyakarta: Diva Press.

Hamruni. 2012. Pendekatan ilmia. Yogyakarta: Insan Madani.

Hapsari, Yulianti dan Susanto. 2013. Minat Sains.Unnes Physics Education Journal.

Kemendikbud. 2013. Pendekatan Ilmia Dalam Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini.

Kemendikbut. 2015. Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Maimunah. 2019. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Diva Press.

Maria.2019. Imlementasi Pendekatan Sains.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Mechler.2015. Konsep Guru Profesional. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Mirawati dan Nugraha. 2017. Konsep Sains. : Jurnal Pendidian

Moleong. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Naturalistik. Jakarta : Sinar Grafika.

Nugraha. 2015. Pengemangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Puspitasari. 2015. Metode Pembelajaran Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Ekspresif Drama Pada Pembelajaran Sains : Jurnal Cakra Wala Pendas.

Siti Aisyah. 2010. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : AFABETA, cv.

Suyadi. 2013. Karakteristik Ana Usia Dini. Unnes.

Suyadi.2013. Konsep Dasar Paud.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No, 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1

Vygotsky, Wisneski dan Hamlin. 2012. Science Literacy in Early Childhood: International Journal of Research & Method in Education.

Wisneski dan Hamlin. 2012. Supporting the Science Thinking and Inguiry of Toddlers and Preschool through Play: Nasional Association fot the Education of Young Children.

World Health Organization (WHO) 2020

Worth. 2010. Constructing an Understanding of Science Inquiry: National Research Council.

Worth. 2010. Konsep Sain. Science in Early Childhood Classroom: Contet and Process Illinois: University of Illinois.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1146

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository