UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Arfilianti, A. (2021). EFEKTIVITAS KEGIATAN PERMAINAN OLAHRAGA ESTAFET UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD AL-FITRI (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1085.
Arfilianti, Arsi. “EFEKTIVITAS KEGIATAN PERMAINAN OLAHRAGA ESTAFET UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD AL-FITRI.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1085.

EFEKTIVITAS KEGIATAN PERMAINAN OLAHRAGA ESTAFET UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD AL-FITRI

Thumbnail

View/Open

F0715008W.pdf (1 MB)

Issue Year

2021

Author(s):

Arsi Arfilianti

Abstract

Kemampuan sosial emosional merupakan unsur kecerdasan yang terbagi menjadi dua kecakapan, yaitu: kecakapan pribadi dan kecakapan sosial. Hasil observasi awal menunjukkan masih rendahnya kemampuan sosial emosional anak kelompok B PAUD Al-Fitri Aceh Besar yang disebabkan oleh penggunaan strategi belajar yang kurang sesuai dan cenderung monoton. Oleh karenanya perlu dilakukan perbaikan dengan menggunakan permainan olah raga estafet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan olah raga estafet dalam meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak kelompok B di PAUD Al-Fitri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen dengan jenis one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini seluruh anak kelompok B berjumlah 12 anak, seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dinilai melalui lembar observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi, data dianalisis menggunakan uji statistika (uji-t). Hasil Penelitian menunjukkan hasil pengamatan awal sebanyak 25% anak belum berkembang, 41,67% mulai berkembang, dan 33,33% anak berkembang sesuai harapan kemampuan sosial-emosionalnya. Setelah diberikan perlakuan dengan permainan olah raga estafet tidak ditemui lagi anak yang belum berkembang, anak yang berkembang sangat baik 33,33%, 50% anak berkembang sesuai harapan dan hanya 16,67% anak mulai berkembang kemampuan sosial-emosionalnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis bahwa harga t- hitung > harga t-tabel (25,44> 1,80). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan olahraga estafet efektif meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak kelompok B PAUD Al-Fitri Aceh Besar.


Keywords

Kata kunci: Permainan olahraga estafet, sosial-emosional

References

ABSTRAK

Arsi Arfilianty, 2021, Efektivitas Kegiatan Permainan Olah Raga Estafet untuk Meningkatkan Sosial-Emosional pada Anak Kelompok B di PAUD Al-Fitri Aceh Besar. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP Bina Bangsa Getsempena. Pembimbing: I. Zikrur Rahmad, M.Pd., II. Riza Oktariana, M.Pd.

Kemampuan sosial emosional merupakan unsur kecerdasan yang terbagi menjadi dua kecakapan, yaitu: kecakapan pribadi dan kecakapan sosial. Hasil observasi awal menunjukkan masih rendahnya kemampuan sosial emosional anak kelompok B PAUD Al-Fitri Aceh Besar yang disebabkan oleh penggunaan strategi belajar yang kurang sesuai dan cenderung monoton. Oleh karenanya perlu dilakukan perbaikan dengan menggunakan permainan olah raga estafet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan olah raga estafet dalam meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak kelompok B di PAUD Al-Fitri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen dengan jenis one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini seluruh anak kelompok B berjumlah 12 anak, seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dinilai melalui lembar observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi, data dianalisis menggunakan uji statistika (uji-t). Hasil Penelitian menunjukkan hasil pengamatan awal sebanyak 25% anak belum berkembang, 41,67% mulai berkembang, dan 33,33% anak berkembang sesuai harapan kemampuan sosial-emosionalnya. Setelah diberikan perlakuan dengan permainan olah raga estafet tidak ditemui lagi anak yang belum berkembang, anak yang berkembang sangat baik 33,33%, 50% anak berkembang sesuai harapan dan hanya 16,67% anak mulai berkembang kemampuan sosial-emosionalnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis bahwa harga t- hitung > harga t-tabel (25,44> 1,80). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan olahraga estafet efektif meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak kelompok B PAUD Al-Fitri Aceh Besar.

Kata kunci: Permainan olahraga estafet, sosial-emosional.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1085

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository