EFEKTIVITAS KEGIATAN PERMAINAN OLAHRAGA ESTAFET UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD AL-FITRI
Abstract
Kemampuan sosial emosional merupakan unsur kecerdasan yang terbagi menjadi dua kecakapan, yaitu: kecakapan pribadi dan kecakapan sosial. Hasil observasi awal menunjukkan masih rendahnya kemampuan sosial emosional anak kelompok B PAUD Al-Fitri Aceh Besar yang disebabkan oleh penggunaan strategi belajar yang kurang sesuai dan cenderung monoton. Oleh karenanya perlu dilakukan perbaikan dengan menggunakan permainan olah raga estafet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan olah raga estafet dalam meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak kelompok B di PAUD Al-Fitri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen dengan jenis one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini seluruh anak kelompok B berjumlah 12 anak, seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dinilai melalui lembar observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi, data dianalisis menggunakan uji statistika (uji-t). Hasil Penelitian menunjukkan hasil pengamatan awal sebanyak 25% anak belum berkembang, 41,67% mulai berkembang, dan 33,33% anak berkembang sesuai harapan kemampuan sosial-emosionalnya. Setelah diberikan perlakuan dengan permainan olah raga estafet tidak ditemui lagi anak yang belum berkembang, anak yang berkembang sangat baik 33,33%, 50% anak berkembang sesuai harapan dan hanya 16,67% anak mulai berkembang kemampuan sosial-emosionalnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis bahwa harga t- hitung > harga t-tabel (25,44> 1,80). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan olahraga estafet efektif meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak kelompok B PAUD Al-Fitri Aceh Besar.
Keywords
Kata kunci: Permainan olahraga estafet, sosial-emosional
References
ABSTRAK
Arsi Arfilianty, 2021, Efektivitas Kegiatan Permainan Olah Raga Estafet untuk Meningkatkan Sosial-Emosional pada Anak Kelompok B di PAUD Al-Fitri Aceh Besar. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP Bina Bangsa Getsempena. Pembimbing: I. Zikrur Rahmad, M.Pd., II. Riza Oktariana, M.Pd.
Kemampuan sosial emosional merupakan unsur kecerdasan yang terbagi menjadi dua kecakapan, yaitu: kecakapan pribadi dan kecakapan sosial. Hasil observasi awal menunjukkan masih rendahnya kemampuan sosial emosional anak kelompok B PAUD Al-Fitri Aceh Besar yang disebabkan oleh penggunaan strategi belajar yang kurang sesuai dan cenderung monoton. Oleh karenanya perlu dilakukan perbaikan dengan menggunakan permainan olah raga estafet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan olah raga estafet dalam meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak kelompok B di PAUD Al-Fitri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen dengan jenis one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini seluruh anak kelompok B berjumlah 12 anak, seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dinilai melalui lembar observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi, data dianalisis menggunakan uji statistika (uji-t). Hasil Penelitian menunjukkan hasil pengamatan awal sebanyak 25% anak belum berkembang, 41,67% mulai berkembang, dan 33,33% anak berkembang sesuai harapan kemampuan sosial-emosionalnya. Setelah diberikan perlakuan dengan permainan olah raga estafet tidak ditemui lagi anak yang belum berkembang, anak yang berkembang sangat baik 33,33%, 50% anak berkembang sesuai harapan dan hanya 16,67% anak mulai berkembang kemampuan sosial-emosionalnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis bahwa harga t- hitung > harga t-tabel (25,44> 1,80). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan olahraga estafet efektif meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak kelompok B PAUD Al-Fitri Aceh Besar.
Kata kunci: Permainan olahraga estafet, sosial-emosional.