ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Model Pembelajaran Problem Possing Learning Pada Pembelajaran Bahasa Indonesi”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian antara model pembelajaran Problem Possing Learning dengan Kompetensi Dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode dalam melakukan penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Library Research. Data dikumpulkan dari beberapa sumber seperti buku, jurnal artikel dan karya ilmiah serta Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Indonesia Sekolah Mengah Atas(SMA) kelas X semester I. Teknik anlisis data melalui prosedur data reduction (penyederhanaan), data verification (verifikasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian model pembelajaran Problem Possing Learning dengan Kompetensi Dasar terdapat pada KD.31-3.8 hal ini dapat dikatakan sesuai dengan model pembelajaran Problem Possing Learning dilihat dari langkah kerja model itu sendiri dan kegiatan pembelajaran Kompetensi Dasar didalam pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis peneliti bahwa model pembelajaran Problem Possing Learning dapat dipadukan dengan Kompetensi Dasar 3.1-4.19. Adapun materi yang tidak sesuai dengan model pembelajaran Problem Possing Learning terdapat pada Kompetensi Dasar 3.10-4.10 pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) khusunya di semester 1(satu) dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Peneliti beranggapan bahwa dari proses analisis model pembelajaran Problem Possing Learning dapat meningatkan stimulus, rangsangan dan motivasi siswa dalam proses kegiatan pembelajaran.
Keywords
model problem possing learning, kompetensi dasar, bahasa indonesia
References
Astriyani, Arlin. "Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Possing." Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 2.1 (2016): 23-30.
Amiluddin, Risnawati, andSugiman. "Pengaruh problem posing dan PPL terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika." Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3.1 (2016): 100-108.
Amri. (2013). Pengembangandan Model PembelajaranDalamKurikulum2013 .Jakarta:PT. PrestasiPustakaraya.
Akhadiah, Sabarti dkk (1991) pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia Jakarta Erlangga.
Abdurrahman, Soejono. 2019. MetodologiPenelitianSuatuPemikirandanPenerapan. Jakarta: RinekaCipta.
Arikunto, Suahrismi.1998. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktek. Jakarta:PT. RinekaCipta.
Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004. Standar Kompentensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA dan MA. Jakarta: Departmen Pendidikan Nasional.
Djuanda. D. (2014). Pembelajaran bahasa indonesia yang komunikatif dan menyenangkan. Sumedang:UPI Sumedang PRESS.
Degeng. 1989 IlmuPengajaranTaksonomiVaribel. DepartemenPendidikandanKebudayaanDikretoratJenderalPendidikanTinggiProyekPengembanganLembagaPendidikanTenagaKependidikan. Jakarta.
DimyatidanMudjiono. 2002. BelajardanPembelajaran. Jakarta: RinekaCipta
danDepdikbud.
Djamarah, 2002. Psikologi Belajar.PT. RinekaCipta :Jakarta 2005. Guru danAnakDidikDalamInteraksiEdukatifSuatuPendekatanTeoritisPsikologis. RinekaCipta:Jakarta.
Degeng, (1989). IlmuPengajaranTaksonomi Variable. Jakarta: Grasindo.
Enre, 1998. Dasar-dasarKeterampilanMenulis. Jakarta: Depdikbud.
Hartati, 2003. PembelajaranBahasa Indonesia di kelasRendah. Bandung:UPL
Komalasari, Kokom. 2010. PembelajaranKontekstual. KonsepdanAplikasi. RefikaAditama. Bandung.
Komarudin. 2010. Traveling Salesman Problem (TSP)
Mudhofir (1987, hlm.30) dalambukubelajardanpembelajaran Toto dkk (2009).
Moloeng, (2017). MetodePenelitianKualitatif, cetakan ke-36, Bandung:PT. RemajaRosdakarya Offset.
Norman,Ilfi., Md.Nor Bakar.(2001).Secondary chool Students'Problem Posing Strrtegi.
Nadia, C. S “KemampuanSiswa SMP Se-Kota Banda Aceh DalamMenjawabSoal Higher Order Thingking Skills (HOTS) PadaPembelajaranBahasa Indonesia. (2019) UniversitasSyiah Kuala.
Priayatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta:Bumi Aksara.
Wulansari, mareta. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Possing dalam Setting Team Assisted Individualzation terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri 6 Metro Barat.” (2020).
Sadiman, Arif S., Anung H, Rahardjo. (2006). Mediaa Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2007.StrategiPembelajaranBerorientasiStandar Proses Pendidikan. Jakarta:KencanaPrenada Media Group.
Saud, Rukmana (2006), “Belajaradalahsuatu proses yang ditandaidenganadanyaperubahanpadadiriseseorangsebagaihasildaripengalamandanlatihan”.
Soekanto, P. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.
Suprijono, H,J.2011. Pendekatan Praktik Dalam Pembelajaran Berbasis Audio, Jakarta: Rajawali Pers.
Sugioyono, a.2005. Metode Penelitian. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Ibrahim, PeningkatanProfesionalisme guru sekolahdasardalamkerangkamanajemenpeningkatanmutuberbasissekolah, Jakarta:bumiaksara, 2008.
Trianto, P 2009. Perencanaan Metode Pembelajaran yang Efektif Sesuai Dengan Tuntutan Belajar. Bandung:Rineka Cipta.
Yunus. (2012). Pembelajaran Bahas Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.