UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Abonia, M. (2021). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1084.
Abonia, Melda. “ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1084.

ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Thumbnail

View/Open

F0115032W.pdf (311 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Melda Abonia

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Model Pembelajaran Problem Possing Learning Pada Pembelajaran Bahasa Indonesi”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian antara model pembelajaran Problem Possing Learning dengan Kompetensi Dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode dalam melakukan penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Library Research. Data dikumpulkan dari beberapa sumber seperti buku, jurnal artikel dan karya ilmiah serta Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Indonesia Sekolah Mengah Atas(SMA) kelas X semester I. Teknik anlisis data melalui prosedur data reduction (penyederhanaan), data verification (verifikasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian model pembelajaran Problem Possing Learning dengan Kompetensi Dasar terdapat pada KD.31-3.8 hal ini dapat dikatakan sesuai dengan model pembelajaran Problem Possing Learning dilihat dari langkah kerja model itu sendiri dan kegiatan pembelajaran Kompetensi Dasar didalam pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis peneliti bahwa model pembelajaran Problem Possing Learning dapat dipadukan dengan Kompetensi Dasar 3.1-4.19. Adapun materi yang tidak sesuai dengan model pembelajaran Problem Possing Learning terdapat pada Kompetensi Dasar 3.10-4.10 pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) khusunya di semester 1(satu) dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Peneliti beranggapan bahwa dari proses analisis model pembelajaran Problem Possing Learning dapat meningatkan stimulus, rangsangan dan motivasi siswa dalam proses kegiatan pembelajaran.


Keywords

model problem possing learning, kompetensi dasar, bahasa indonesia

References

Astriyani, Arlin. "Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Possing." Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 2.1 (2016): 23-30.

Amiluddin, Risnawati, andSugiman. "Pengaruh problem posing dan PPL terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika." Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3.1 (2016): 100-108.

Amri. (2013). Pengembangandan Model PembelajaranDalamKurikulum2013 .Jakarta:PT. PrestasiPustakaraya.

Akhadiah, Sabarti dkk (1991) pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia Jakarta Erlangga.

Abdurrahman, Soejono. 2019. MetodologiPenelitianSuatuPemikirandanPenerapan. Jakarta: RinekaCipta.

Arikunto, Suahrismi.1998. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktek. Jakarta:PT. RinekaCipta.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004. Standar Kompentensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA dan MA. Jakarta: Departmen Pendidikan Nasional.

Djuanda. D. (2014). Pembelajaran bahasa indonesia yang komunikatif dan menyenangkan. Sumedang:UPI Sumedang PRESS.

Degeng. 1989 IlmuPengajaranTaksonomiVaribel. DepartemenPendidikandanKebudayaanDikretoratJenderalPendidikanTinggiProyekPengembanganLembagaPendidikanTenagaKependidikan. Jakarta.

DimyatidanMudjiono. 2002. BelajardanPembelajaran. Jakarta: RinekaCipta

danDepdikbud.

Djamarah, 2002. Psikologi Belajar.PT. RinekaCipta :Jakarta 2005. Guru danAnakDidikDalamInteraksiEdukatifSuatuPendekatanTeoritisPsikologis. RinekaCipta:Jakarta.

Degeng, (1989). IlmuPengajaranTaksonomi Variable. Jakarta: Grasindo.

Enre, 1998. Dasar-dasarKeterampilanMenulis. Jakarta: Depdikbud.

Hartati, 2003. PembelajaranBahasa Indonesia di kelasRendah. Bandung:UPL

Komalasari, Kokom. 2010. PembelajaranKontekstual. KonsepdanAplikasi. RefikaAditama. Bandung.

Komarudin. 2010. Traveling Salesman Problem (TSP)

Mudhofir (1987, hlm.30) dalambukubelajardanpembelajaran Toto dkk (2009).

Moloeng, (2017). MetodePenelitianKualitatif, cetakan ke-36, Bandung:PT. RemajaRosdakarya Offset.

Norman,Ilfi., Md.Nor Bakar.(2001).Secondary chool Students'Problem Posing Strrtegi.

Nadia, C. S “KemampuanSiswa SMP Se-Kota Banda Aceh DalamMenjawabSoal Higher Order Thingking Skills (HOTS) PadaPembelajaranBahasa Indonesia. (2019) UniversitasSyiah Kuala.

Priayatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta:Bumi Aksara.

Wulansari, mareta. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Possing dalam Setting Team Assisted Individualzation terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri 6 Metro Barat.” (2020).

Sadiman, Arif S., Anung H, Rahardjo. (2006). Mediaa Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2007.StrategiPembelajaranBerorientasiStandar Proses Pendidikan. Jakarta:KencanaPrenada Media Group.

Saud, Rukmana (2006), “Belajaradalahsuatu proses yang ditandaidenganadanyaperubahanpadadiriseseorangsebagaihasildaripengalamandanlatihan”.

Soekanto, P. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.

Suprijono, H,J.2011. Pendekatan Praktik Dalam Pembelajaran Berbasis Audio, Jakarta: Rajawali Pers.

Sugioyono, a.2005. Metode Penelitian. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Ibrahim, PeningkatanProfesionalisme guru sekolahdasardalamkerangkamanajemenpeningkatanmutuberbasissekolah, Jakarta:bumiaksara, 2008.

Trianto, P 2009. Perencanaan Metode Pembelajaran yang Efektif Sesuai Dengan Tuntutan Belajar. Bandung:Rineka Cipta.

Yunus. (2012). Pembelajaran Bahas Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1084

Collections

  • Final Year Projects S1 PENBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository