ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PRODUKTIF BERBAHASA INDONESIA UNTUK SMK/MAK KELAS X
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X”. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan buku teks Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X karya Yustinah terbitan Erlangga tahun 2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat keterbacaan buku teks Produktif berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X karya Yustinah terbitan Erlangga tahun 2016. Data dalam penelitian ini berupa wacana yang terdapat di dalam buku teks Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X yang berjumlah 30 wacana. Penelitian tingkat keterbacaan wacana dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan keterbacaan grafik Raygor. Hasil dari penelitian ini menunjuk kan bahwa dari 30 wacana yang dijadikan data penelitian terdapat 8 wacana (26,6%) sesuai tingkat keterbacaan wacananya dengan peserta didik sasaran. Wacana tersebut berada pada tingkat keterbacaan yang sesuai untuk kelas X. Wacana dikatakan sesuai tingkat keterbacaannya apabila berada pas di kelas sasaran atau berada 1 tingkat di bawah dan di atas kelas sasaran, dalam hal ini kelas X. Selanjutnya, 22 wacana (73,4%) tidak sesuai tingkat keterbacaan wacananya dengan peserta didik sasaran. Wacana tersebut berada pada tingkat keterbacaan yang lebih rendah dan lebih tinggi dari tingkat keterbacaan kelas X. Wacana tidak sesuai tingkat keterbacaannya karena berada 2 tingkat atau lebih di bawah dan di atas kelas sasaran. Jadi, karena wacana yang keterbacaannya tidak sesuai lebih banyak dari pada wacana yang keterbacaannya sesuai, maka dapat dikatakan bahwa tingkat keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X tidak sesuai.
Keywords
analisis, tingkat keterbacaan, buku teks
References
Annisa, Farah Nur. 2014. Analisis Keterbacaan Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama Terbitan Yudhistira, Erlangga, Dan Grafindo. Bandung: Laporan Penelitian Universitas Pendidikan Indonesia
Arif, Syamsul, dkk. 2016. Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII dengan Grafik Raygor. Medan: Laporan Penelitian Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan
Arikunto, 2010, Analisis Wacana. Bandung:PT Intan Sejati.
Dewi, Rishe Purnama. 2014. Tingkat Keterbacaan Buku Teks Cakap Berbahasa Indonesia SMP Kelas VII pada SMP Budaya Wacana dan SMP Don Basco Yogyakarta Widya Dharma. Majalah Ilmiah Kependidikan Sanata Dharma
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara
Muslich, Mansur. 2010. Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Nasution. 2003. Metode penelitian naturalistik kualitatif. Bandung : tarsito
Prabawati, Elisabeth Rekyan Dinda. 2019. Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Wisma Bahasa untuk Level 3B Berdasarkan Grafik fry, SMOG, dan Autentisitasnya. Skripsi. Yogyakarta:Universitas Sanata Dharma
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Rahmah, Rosita. 2016. Keterbacaan Teks pada Buku Model Bahasa Indonesia Tematik SD Kelas Tinggi Kurikulum 2013. Skripsi. FPBS Universitas Pendidikan Indonesia
Sitepu, B.P. 2012. Penulisan buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wuryantoro, Aris. 2018. Pengantar Penerjemahan. Yogyakarta: Deepublish
Yasa, Ketut Ngurah. 2013. Kecermatan Formula Keterbacaan Sebagai Penentu Keefektifan Teks. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran
Yustinah. 2016. Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga