UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Susanti, H. (2021). ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PRODUKTIF BERBAHASA INDONESIA UNTUK SMK/MAK KELAS X (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1083.
Susanti, Heni. “ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PRODUKTIF BERBAHASA INDONESIA UNTUK SMK/MAK KELAS X.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1083.

ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PRODUKTIF BERBAHASA INDONESIA UNTUK SMK/MAK KELAS X

Thumbnail

View/Open

F0116005W.pdf (406 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Heni Susanti

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X”. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan buku teks Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X karya Yustinah terbitan Erlangga tahun 2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat keterbacaan buku teks Produktif berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X karya Yustinah terbitan Erlangga tahun 2016. Data dalam penelitian ini berupa wacana yang terdapat di dalam buku teks Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X yang berjumlah 30 wacana. Penelitian tingkat keterbacaan wacana dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan keterbacaan grafik Raygor. Hasil dari penelitian ini menunjuk kan bahwa dari 30 wacana yang dijadikan data penelitian terdapat 8 wacana (26,6%) sesuai tingkat keterbacaan wacananya dengan peserta didik sasaran. Wacana tersebut berada pada tingkat keterbacaan yang sesuai untuk kelas X. Wacana dikatakan sesuai tingkat keterbacaannya apabila berada pas di kelas sasaran atau berada 1 tingkat di bawah dan di atas kelas sasaran, dalam hal ini kelas X. Selanjutnya, 22 wacana (73,4%) tidak sesuai tingkat keterbacaan wacananya dengan peserta didik sasaran. Wacana tersebut berada pada tingkat keterbacaan yang lebih rendah dan lebih tinggi dari tingkat keterbacaan kelas X. Wacana tidak sesuai tingkat keterbacaannya karena berada 2 tingkat atau lebih di bawah dan di atas kelas sasaran. Jadi, karena wacana yang keterbacaannya tidak sesuai lebih banyak dari pada wacana yang keterbacaannya sesuai, maka dapat dikatakan bahwa tingkat keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X tidak sesuai.


Keywords

analisis, tingkat keterbacaan, buku teks

References

Annisa, Farah Nur. 2014. Analisis Keterbacaan Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama Terbitan Yudhistira, Erlangga, Dan Grafindo. Bandung: Laporan Penelitian Universitas Pendidikan Indonesia

Arif, Syamsul, dkk. 2016. Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII dengan Grafik Raygor. Medan: Laporan Penelitian Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan

Arikunto, 2010, Analisis Wacana. Bandung:PT Intan Sejati.

Dewi, Rishe Purnama. 2014. Tingkat Keterbacaan Buku Teks Cakap Berbahasa Indonesia SMP Kelas VII pada SMP Budaya Wacana dan SMP Don Basco Yogyakarta Widya Dharma. Majalah Ilmiah Kependidikan Sanata Dharma

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Muslich, Mansur. 2010. Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Nasution. 2003. Metode penelitian naturalistik kualitatif. Bandung : tarsito

Prabawati, Elisabeth Rekyan Dinda. 2019. Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Wisma Bahasa untuk Level 3B Berdasarkan Grafik fry, SMOG, dan Autentisitasnya. Skripsi. Yogyakarta:Universitas Sanata Dharma

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Rahmah, Rosita. 2016. Keterbacaan Teks pada Buku Model Bahasa Indonesia Tematik SD Kelas Tinggi Kurikulum 2013. Skripsi. FPBS Universitas Pendidikan Indonesia

Sitepu, B.P. 2012. Penulisan buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wuryantoro, Aris. 2018. Pengantar Penerjemahan. Yogyakarta: Deepublish

Yasa, Ketut Ngurah. 2013. Kecermatan Formula Keterbacaan Sebagai Penentu Keefektifan Teks. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran

Yustinah. 2016. Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1083

Collections

  • Final Year Projects S1 PENBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository