MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD GEUNASEH MA GAMPONG LAMBARO SUKON KABUPATEN ACEH BESAR
Abstract
Keterampilan berbicara anak usia 3-4 tahun di PAUD Geunaseh Ma Gampong Lambaro Sukon Kabupaten Aceh Besar masih belum lancar. Hal ini terlihat ada beberapa anak yang masih sulit dalam menyampaikan ide atau gagasannya, sulit mengutarakan keinginan kepada teman atau guru, pelafalan kata atau kalimat masih kaku, sulit untuk bertanya maupun menjawab suatu permasalahan. Adapun permasalahan dalam penelitan ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan berbicara dengan metode bercerita menggunakan media boneka tangan pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Geunaseh Ma Gampong Lambaro Sukon Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dengan metode bercerita menggunakan media boneka tangan pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Geunaseh Ma Gampong Lambaro Sukon Kabupaten Aceh Besar. Manfaat dilakukan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara pada anak dan menumbuhkan minat dan motivasi anak dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun pada kelompok KB di PAUD Geunaseh Ma dengan jumlah 9 anak diantaranya 4 laki-laki dan 5 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan persentase keberhasilan setiap tindakan yang dilakukan yaitu hasil pra tindakan didapat 14% berjumlah 1 anak dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), siklus I diperoleh 36% berjumlah 3 anak dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dan siklus II didapat 83% yaitu 7 anak dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara dengan metode bercerita menggunakan media boneka tangan pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Geunaseh Ma meningkat pada siklus II dan tidak perlu dilakukan perbaikan pada siklus selanjutnya.
Keywords
keterampilan bercerita, metode bercerita, media boneka tangan
References
Ahmad, R dan Sudjana. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Aisyah, S, dkk. 2011. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Alwi, H. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori, M. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
Astuti, T. P. 2014. Perbedaan Literasi Emergen Anak Taman Kanak-Kanak di Daerah Perkotaan dan Pinggiran. Jurnal Psikologi Undip, 13(2), 108.
Bredekamp, S. 2016. Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs. Washington: NAEYC
Dadan, Suryana. 2012. Early Childhood Learning Based on Aspects of Development. Padang: PGPAUD FIP Universitas Negeri Padang Indonesia
Dadan, S. 2017. Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PAUD Pascasajrana UNJ
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan ke delapan Belas Edisi IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Depdiknas. 2013. Undang-Undang RI No.23 tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2013. Undang-Undang RI No.20 tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Eliyawati. 2015. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini.Jakarta
Hurlock, E. B. 2010. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima.Jakarta : Erlangga.
Isthifa Kemal dan Nurul Huda. 2014. Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Mendongeng pada Kelompok B Di TK Al-Ikhlas Lamlhom Kecamatan Lhoknga Aceh Besar. STKIP Bina Bangsa Getsempena. Buah hati, volume 1, no.1. September 2014. ISSN 2355-102X, diakses 1 September 2019.
Jhoni, Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Jumaris, M. 2013. Perkembangan dan Pengembangan Anak usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Gramedia.
Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.
Lestari, Rintayati dan Suharno. 2014. Kemampuan Berbiacara Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Lina, Amelia dan Lindawati. 2019. Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak dengan Penggunaan Gambar Berseri pada Kelompok B di PAUD Tgk. M. Syarief Aceh Besar. STKIP Bina Bangsa Getsempena. Buah hati, volume 6, no.1. Maret 2019. ISSN 2355-102X, diakses 3 Maret 2019.
Lina, Amelia dan Lisa Ramadhani. 2016. Penerapan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak pada Kelompok B Di TK Bohhatema Aceh Besar. STKIP Bina Bangsa Getsempena. Buah hati, volume 3, no.2. Oktober 2016. ISSN 2355-102X, diakses 2 Oktober 2016.
Lina, Amelia dan Ayu Marsella. 2018. Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Anak Melalui Metode Bermain Peran dengan Menggunakan Boneka Jari pada Anak TK B2 Di PAUD Save The Kids Banda Aceh. STKIP Bina Bangsa Getsempena. Buah hati, volume 5, no.2. September 2018. ISSN 2355-102X, diakses 4 September 2018.
Martinis, Y. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press.
Masitoh. 2011. Strategi Pembelajaran TK.Jakarta:Universitas Terbuka.
Moeslichatoen, R. 2014. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Muhaimin. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan. Skripsi. Fakultas Imu Pendidikan, Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Mulyati, T. 2011. Statistika Terapan untuk Penelitian Pendidikan Dasar dan PAUD. Bandung: Rizqi Press.
Musfiroh. 2015. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.
Permendikbud . 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Poerwadarminta, W.J.S. 2015. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rahayu, A. Y. 2013. Anak Usia TK: Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: Indeks.
Sabarti. 2012. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Salsabila. 2017. Media Boneka Tangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Santrock. 2017. Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga.
Sari, P.W. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Media Boneka Jari. Jurnal Skripsi. Fakultas Imu Pendidikan, Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyadi dan Maulidya, U. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suyanto. 2013. Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tadkiroatun, M. 2014. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Umar, Hamalik. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Vasta R & Haith, M.M & Miller, S. A. 2017. Child Psychology The Modern Science. Canada : John Wiley & Sons, Inc.
Wardani, I.G.A.K. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wijayanti, Martina P. 2010. Pengembangan Bahasa Anak. Semarang: Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Yudha, M. 2015. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Tk. Jakarta: Depdiknas, Dikti, Direktorat P2TK2PT.