PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN MAHASISWA PENUTUR ASING DI ACEH
Abstract
Mahasiswa penutur asing di Aceh merupakan mahasiswa yang berasal dari luar negeri. Mahasiswa ini tentunya belum begitu memahami atau menguasai bahasa Indonesia dengan benar, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti mahasiswa asing dalam menggunakan bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian yang memberikan gambaran tentang kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa penutur asing dalam mengarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pemakaian bahasa Indonesia pada karangan mahasiswa penutur asing di Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian 6 orang mahasiswa penutur asing yang sedang kuliah di Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penentuan unit analisis, dan pengadaan data dalam bentuk teks karangan. Teknik analisi data yang digunakan dengan cara pencatatan data, mengidentifikasi, dan klasifikasi karangan. Adapun hasil penelitian ditemukan beberapa pemakaian bahasa yakni, kesalahan penggunaan huruf kapital, pada bagian ini kesalahan yang sering dilakukan adalah penulisan awalan nama orang yang tidak menggunakan huruf kapital. Selain itu, juga terdapat kesalahan pada penggunaan tanda baca, seperti penggunaan tanda koma (,), tanda titik dua (:), tanda titik koma (;), dan tanda kurung (), pada bagian ini kesalahan yang banyak ditemukan adalah penggunaan tanda koma (,). Selain penggunaan huruf kapital dan tanda baca, juga ditemukan kesalahan dari ketidakefektifan kalimat yakni, penggunaan kata hubung, kata frase, dan makna kata, pada bagian ini kesalahan yang banyak dilakukan adalah makna kata. Sementara dari isi gagasan mahasiswa penutur asing hanya mampu menuliskan tentang seputar ruang lingkup yang mereka ketahui atau lihat, pada bagian ini kebanyakan mahasiswa asing menuliskan tentang cerita mereka selama di Aceh. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah mahasiswa penutur asing di Aceh masih melakukan kesalahan dalam mengarang dengan menggunakan bahasa Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena masih dipengaruhi bahasa ibu, kurangnya penguasaan kaidah bahasa Indonesia, dan dalam proses pemerolehan bahasa kedua.
Keywords
bahasa indonesia, karangan, mahasiswa penutur asing
References
DAFTAR PUSTAKA
Ahsin, Muhammad Nur. 2014. Peningkatan Ketrampilan Penulisan Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Audio Visual dan Metode Quantum Learning.(Jurnal Pendidikan Online). Googlecendikia. Tgl 9 Agustus 2020.
Aminuddin, 2001. Semantik:Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Anjarsari, Nurvita. 2013. Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karangan Mahasiswa Penutur Bahasa Asing di Universitas Sebelas Maret. (jurnal Pendidikan Online). vithaanjars@yahoo.co.id. Tgl 4 November 2019.
Ardiana. 2001. Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Karya Tulis Mahasiswa Asing Program Dharmasiswa di Unesa Tahun 2006/2007: Tinjauan Berdasarkan Kategori Linguistik. Surabaya: JBSI FBS Unesa.
Burhan, Nurgiantoro. 2009. Penilaian Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE
Chaer. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka
Widyatama.
Gie. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.
Ibrahim, Yusuf. 2019. PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Jakarta Timur: After US.
Moleong J Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Maleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasucha. 2009. Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa.
Soedjito. 2010. Terampil Menulis Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Prestasi Publisher.
Semi, M. Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya Padang.
Setyowati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H.S. 1988. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Ulumudin dan Wismanto. 2014. Bahan Ajar Bahasa Indonesia Ranah Sosial Budaya bagi Penutur Asing (BIPA). Jurnal Sasindo Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Yulianto, Bambang dan Mintowati. 2011. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.